Pages

Sabtu, 18 Februari 2012

cpu

Unit pengolahan pusat (CPU) adalah bagian dari sebuah komputer sistem yang melaksanakan instruksi dari program komputer , untuk melakukan aritmatika, logis, dan dasar input / output operasi dari sistem. CPU memainkan peran agak analog dengan otak dalam komputer. Istilah ini telah digunakan dalam industri komputer setidaknya sejak awal 1960-an.  Bentuk, desain dan implementasi dari CPU telah berubah secara dramatis sejak awal contoh, tetapi operasi dasar mereka tetap sama. Pada mesin besar, CPU memerlukan satu atau beberapa papan sirkuit cetak . Pada komputer pribadi dan workstation kecil, CPU ditempatkan dalam satu chip silikon disebut mikroprosesor . Sejak 1970-an kelas mikroprosesor CPU telah hampir sepenuhnya diambil alih semua implementasi CPU lainnya. CPU modern skala besar sirkuit terpadu dalam paket biasanya kurang dari empat sentimeter persegi, dengan ratusan menghubungkan pin.
Dua komponen khas dari CPU adalah logika aritmatika Unit (ALU), yang melakukan operasi aritmatika dan logika, dan unit kontrol (CU), yang ekstrak instruksi dari memori dan decode dan mengeksekusi mereka, menyerukan ALU bila diperlukan.
Tidak semua sistem komputasi mengandalkan unit pengolahan pusat. Sebuah prosesor array atau prosesor vektor memiliki beberapa elemen komputasi paralel, dengan tidak ada satu unit dianggap sebagai "pusat". Dalam komputasi terdistribusi model, masalah ini diselesaikan oleh satu set saling berhubungan didistribusikan prosesor.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar